PokerStars Mendiskualifikasi Pemenang Acara Utama WCOOP 2018

PokerStars dilaporkan telah melucuti pemenang Acara Utama World Championship of Poker Online (WCOOP) 2018 telah dilucuti dari gelar mereka. “Wann2play” awalnya memenangkan turnamen dengan harga lebih dari $ 1,3 juta, tetapi kini muncul bahwa pemain tidak dapat menumpangkan uang hadiah setelah dilaporkan melanggar syarat dan ketentuan PokerStars.

Berita itu muncul minggu lalu setelah tweet oleh pro poker Inggris Max Silver, mengatakan bahwa hadiah utama telah didistribusikan kembali ke seluruh finishers, dengan runner-up Ezequiel Waigel menjadi juara baru.

Acara Utama WCOOP 2018 menarik total 2.044 entri dengan beberapa pro terkenal membuat tabel akhir, termasuk Nuh “Eksklusif” Boeken, Michael “mczhang” Zhang, dan Linus “LlinusLLove” Loeliger, yang finis di urutan keenam, kelima, dan ketiga masing-masing.

“4rebmun” Kanada berada di urutan ke delapan, diikuti oleh “0409479” Inggris di tempat ketujuh. Robby Kosta Rika “PlayaPlz” Lipkin finis keempat di turnamen. Finisher meja final masing-masing berjalan pergi dengan setidaknya $ 135.000.

Wann2play dan Waigel menyetujui kesepakatan head-up, meninggalkan $ 200.000 dan judul untuk bermain. Wann2play, pemain yang tidak dikenal dari Belanda, akhirnya menurunkan acara, tetapi bukan tanpa kontroversi.

Rumor Mulai Beredar pada 2019

Pada bulan Juli 2019, sebuah tweet dari pro online poker “girafganger7” dengan taruhan tinggi memicu spekulasi bahwa potensi ghosting terlibat dalam turnamen 2018, dan bahwa seorang pro terkenal benar-benar memenangkan Acara Utama menggunakan akun kedua.

Wann2play tidak pernah mengungkapkan identitas asli mereka dan satu-satunya info yang tersedia adalah bahwa pemain tersebut berasal dari Belanda dan memenangkan jalan mereka ke Acara Utama $ 5.200 melalui satelit $ 530. Ini memicu rumor bahwa pemain profesional mungkin telah menggunakan akun itu.

Multi-Akuntansi / Ghosting Melihat

Waigel sendiri melihat ada anomali di akhir acara utama WCOOP, dan memutuskan untuk meninjau turnamen bersama pro lainnya yang juga mengkonfirmasi bahwa pemain lain bisa bermain di akun tersebut. Waigel kemudian melaporkan kecurigaannya kepada PokerStars. Situs poker online menggali lebih dalam dan akhirnya menemukan bahwa kemenangan Wann2play memang teduh, mengakibatkan akunnya dibekukan dan hadiah didistribusikan kembali ke pemain lain yang menguangkan turnamen.

Waigel mendapatkan lebih dari $ 200.000 lebih karena dinyatakan sebagai juara baru, dan bersyukur bahwa anomali telah diperbaiki dengan baik, dengan pemenang yang layak menerima pembayaran masing-masing.

PokerStars tidak secara resmi mengungkapkan alasan diskualifikasi Wann2play, tetapi banyak yang percaya itu bisa berhubungan dengan multi-akuntansi. Beberapa pemain menggunakan trik ini untuk bermain turnamen lebih dari satu kali, dan seringkali dengan bantuan VPN. Wann2play juga bisa terlibat dalam “ghosting”, yang berarti ia mungkin bermain dengan bantuan dan saran dari satu atau lebih pemain yang lebih kuat.

Diminta komentar tentang perkembangan ini, Associate Director PokerStars untuk Hubungan Masyarakat Grup Rebecca McAdam mengatakan selalu menjadi komitmen mereka untuk memberikan para pemain lingkungan yang aman dan aman untuk bermain poker. Selama bertahun-tahun, perusahaan telah banyak berinvestasi dalam berbagai sumber daya dan teknologi, dan bahkan membentuk tim Integritas Game sendiri untuk mengidentifikasi dan menyelidiki perilaku tidak bermoral.

McAdam mengatakan pemenang yang ditemukan terlibat dalam pelanggaran turnamen ditangani sesuai dengan itu, dengan dana yang didistribusikan kembali ke pemain yang terkena dampak.

Wann2Play Bukan Pemenang WCOOP Pertama yang didiskualifikasi

Ini adalah kedua kalinya juara WCOOP Main Event didiskualifikasi. PokerStars juga merebut kemenangan pemenang Acara Utama 2007 “TheVoid” setelah diketahui bahwa pemilik akun, Natalie Teltscher, belum benar-benar bermain di akunnya selama turnamen. Teltscher adalah saudara perempuan dari pro poker Inggris dan pemenang Tour Poker Eropa Mark Teltscher.

Teltscher mengajukan gugatan dalam upaya untuk mengembalikan kemenangannya, tetapi tidak berhasil setelah dia kemudian mengakui bahwa dia bukan orang yang menggunakan akun selama Acara Utama WCOOP 2007. Kyle “ka $ ino” Schroeder, yang awalnya menjadi runner-up, dinyatakan sebagai juara dan menerima $ 1.378.330,50 dalam kemenangan yang disesuaikan sebagai hasilnya.